Balada Sabun

Ibuk lagi ada di rumah sejak 2 hari yang lalu. Respon pertamanya ketika keluar dari kamar mandi kami: “Nis, aku kok rak seneng sabunmu ya, aku orak cocok mbek ambune!”.

Ya, aku dan ibuk terbiasa berkomunikasi dengan Bahasa Jawa Ngoko atau Bahasa Indonesia.

Kemudian pagi ini, tiba-tiba rasa penasaranku membuncah setelah selesai berbisnis di kamar mandi:

Aku: Lha, ibuk kit wingi nganggo sabun opo?
Ibuk: Yo sabun Lifebuoy kuwi
Aku: Sing cilik?
Ibuk: Iyo
Aku: Sing nang ndhuwur closet?
Ibuk: Iyo
Aku: *mulai membelalakkan mata* Cairane warnane opo?
Ibuk: Abang, eh…
Aku: Biru? *makin membelalakkan mata*
Ibuk: Ho’oh

Sontak aku tertawa terbahak-bahak. Adikku yang sedari tadi mendengarkan pembicaraan kami ikut heran.

Rama: Emang isine opo to, mbak?
Aku: *tertawa makin terbahak-bahak*
Ibuk: Opo to, nis?
Aku: *menahan tawa* RINSO! Ahahahahhhaaaaaa…

Jadi, selama di rumahku, ibuk mandi pake detergen! Ahahahahhhaaa…

This is what i missed from my mom: the laughter. Yes, we fight much, but we laugh more…

One thought on “Balada Sabun

Leave a Reply

